Tiga Tips Tepat Untuk Menghindari Diabetes

Hidup sehat tanpa ancaman diabetes tentu menjadi dambaan banyak orang. Jika dulu ada beberapa aturan untuk menghindari diabetes, kini aturan terbaru yang dilansir Asosiasi Diabetes Amerika (ADA) membuat kita bisa menghindari ancaman diabetes dengan hasil yang lebih baik. 

Jika dalam aturan saat ini disebutkan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran akan mengurangi risiko diabetes dan melindungi jantung maka ada perubahan pada tips yang baru dikeluarkan ADA. 

Aturan baru pertama menyebutkan agar kita memakan banyak jenis buah-buahan serta sayuran. Mereka yang memakan setidaknya 12 jenis buah serta 12 jenis sayur setiap pekan menghadapi risiko yang lebih kecil terhadap diabetes dibanding yang memakan lebih sedikit variasi sayur dan buah tanpa tergantung kuantitas jumlahnya. 

Dalam aturan lama disebutkan penurunan berat badan bahkan dalam jumlah yang sedikit, baik untuk kontrol kadar gula dalam darah. 

Pada aturan baru kedua, Anda tak perlu merasa khawatir jika sulit untuk mengalami penurunan berat badan. Latihan olah raga saja bisa memperbaiki kemampuan metabolisme gula pada orang dewasa paruh baya, tanpa terpengaruh apakah mereka mengalami penurunan berat badan. Dengan olah raga kadar total kolesterol juga mengalami penurunan. 

Di dalam aturan lama, cukup tidur terkait penurunan risiko diabetes. 

Sementara itu dalam aturan baru ketiga tidur malam hari yang berkualitas akan berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda. Riset menunjukkan bahwa kondisi tidur yang buruk mempengaruhi kemampuan metabolisme gula dalam tubuh serta menganggu hormon yang mengatur nafsu makan Anda. Gangguan ini pada akhirnya berujung kepada penambahan berat dan meningkatkan risiko diabetes. 

Sumber : beritasatu

No comments:

Post a Comment