Konsumen sekarang sudah berubah. Tentunya, para marketer telah mengetahui itu dan perlu meresponnya. Apalagi, perubahan itu begitu dahsyat dan cepat, dari konsumen yang tadinya “penurut”menjadi konsumen yang kritis.
Konsumen sekarang mencari segala sesuatu yang bisa menyentuh sisi personal mereka. Lebih dari itu, sisi personal itu, saat ini, tidak hanya disentuh dengan berhadapan langsung. Mereka menginginkan persentuhan secara personal itu di semua kanal media yang mereka pilih. Bisa melalui telepon, email, SMS, website, dan lainnya.
Perubahan ini dalam New Wave Marketing direspon dengan merekonstruksi elemen-elemen marketing yang sudah ada agar lebih bisa menyentuh secara personal konsumen. Sebagai contoh, Promotion menjadi Conversation, lalu Service menjadi Caring. Dengan merubah pola relasi dengan konsumen ini, maka konsumen bukanlah sekadar angka saja. Mereka , para konsumen, tidak mau dianggap sebagai bilangan penanda keberhasilan Anda yang terlihat dalam perolehan market share. Konsumen ingin bisa terlibat dalam pembangunan merek Anda. Konsumen dalah teman Anda. Berikut beberapa karakter konsumen saat ini.
1. Lebih Vokal
Konsumen ingin menyampaikan ketidakpuasan mereka melalui semua saluran yang nyaman buat mereka. Simpati konsumen terhadap merek Anda akan terlihat dari bagaimana aksesibilitas yang bisa mereka peroleh dan cara Anda merespon.
2. Semakin Memilih
Konsumen sekarang lebih memilih value proposition di banyak sisi, mulai produk, teknologi, hingga kenyamanan yang bisa Anda berikan. Jika Anda tidak bisa memberikan itu, bisa jadi akan kehilangan keuntungan.
3. Berharap Lebih dan Bisa Memilih
Konsumen mengharapkan mendapatkan nilai tambah yang berbeda ketika memilih menggunakan produk Anda. Termasuk juga, berharap memperoleh pelayanan yang beyond expectation. Selain itu, konsumen juga berharap bisa mendapatkan banyak pilihan service atau produk yang Anda berikan. Beragam pilihan itu akan membuat mereka bisa menentukan mana yang tepat buat mereka.
4. Menggunakan Media Sosial untuk Mengambil Keputusan
Keberadaan media sosial telah membuat konsumen saling terhubung, sehingga bisa saling mempengaruhi cara memilih produk hingga loyalitas mereka pada suatu produk. Untuk itu, hadirlah di media sosial dan menjalin relasi dengan konsumen secara horizontal.
5. Lebih Terdidik
Penyebaran informasi melalui internet telah membuka wawasan konsumen tanpa batas. Mereka melakukan riset sebelum menentukan produk yang akan dipakai. Semakin banyak Anda menyampaikan informasi yang akurat lewat internet mengenai produk Anda akan semakin disukai konsumen.
6. Tidak Segan Memberi Apresiasi
Konsumen tidak akan keberatan memberikan nilai positif bila produk dan layanan yang Anda berikan membuat mereka puas. Berterima kasihlah pada konsumen seperti ini.
Sumber : the-marketeers
No comments:
Post a Comment