Industri digital merupakan industri yang sedang naik daun sekarang ini, banyak perusahaan digital yang sukses tetapi di lain sisi tidak sedikit perusahaan digital yang gagal. Berdasarkan para ahli mereka menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang sukses di dunia digital memiliki kesamaan yang membuat mereka sangat sukses, di bawah ini adalah beberapa kunci sukses mereka, antara lain:
1. Mereka menciptakan produk yang dapat memecahkan masalah
Mereka sebelum membuat perusahaan selalu terlebih dahulu melakukan riset mencari tahu apa yang pasar sedang butuhkan saat ini.
2. Simple & User Friendly
Banyak sekali developer digital yang men-develop produk yang memiliki manfaat yang sangat baik tapi tetap gagal, karena diakibatkan mereka kurang memperhatikan dari sisi design interface-nya, tampilannya kurang simple dan user friendly, orang sulit mencari tombol fungsi yang mereka butuhkan. Bahkan ketika sudah sampai di satu pages, mereka sulit untuk balik ke pages sebelumnya, akhirnya membuat penggunanya kesulitan dalam menggunakan produk mereka.
3. Ciptakan User Experience
Mereka yang sukses adalah mereka yang berhasil dalam menciptkan user experience atau istilahnya “Experimental Marketing” dimana user ingin mencoba setiap fungsi yang ada di apps Anda sehingga menimbulkan pengalaman yang menyenangkan ketika orang menggunakan produk Anda.
4. Ciptakan Inovasi Baru
Sebagian besar perusahaan digital yang booming karena mereka bisa menciptakan inovasi baru, pengalaman baru. Contohnya seperti Angry Bird dia menciptakan genre baru yaitu puzzle game dengan misi menghancurkan balok-balok dengan ketapel dan yang menjadi batunya adalah burungnya, Sifat dasar manusia tertarik terhadap hal-hal yang baru ini yang menyebabkan kenapa orang tertarik menggunakan aplikasi yang memiliki konsep baru dan berbeda.
5. Berikan Demo Version (Light Version) secara gratis
Sebaik apapun produk yang kita buat, orang tidak akan menggunakannya apabila mereka belum mengetahui manfaatnya, dan untuk mengetahui manfaatnya maka mereka harus mencobanya.
6. Ciptakan efek WOM (Word Of Mouth) Marketing
Sebaik apapun produk Anda jika tidak ada yang menggunakan apps Anda maka akan sia-sia. Cara yang paling effektif adalah dengan WOM, karena berdasarkan penelitian 53% dari orang men-download apps karena direkomendasikan dari teman atau kolega mereka, atau sumber-sumber yang me-review tentang apps sepeti web review, majalah apps, dan lain-lain.
7. Manfaatkan Marketing Channel yang sudah kuat
Dalam memasarkan sebuah produk yang baru saya sarankan, Anda bekerja sama dengan marketing channel yang sudah kuat, misalnya kalo Anda membuat Game Apps, sebaiknya Anda bekerja sama dengan publisher yang sudah berpengalaman dengan pemasaran game apps yang Anda buat.
Sumber : the-marketeers
No comments:
Post a Comment